Mengidentifikasi Faktor Internal Dan Eksternal Pemasaran Produk Kopi (Desa Gunung Karamat Kabupaten Sukabumi)

  • Muhammad Anfaal Al Ghifari Universitas Nusa Putra
  • Alif Nurrohman Universitas Nusa Putra
  • Ananda Cantika Universitas Nusa Putra
  • Siti Napila Universitas Nusa Putra
  • Nur Alim Bahri Universitas Nusa Putra
Keywords: Analisis SWOT, Kopi, Desa Gunung Karamat

Abstract

Desa Gunung Karamat memiliki produk-produk unggulan yaitu kopi robusta dan arabika, yang  membuka mata Perusahaan Umum Daerah Agro Sukabumi Mandiri (Perumda ASM). Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan metode observasi, yang merupakan salah satu metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung, menjelaskan dan menggambarkan kondisi internal dan eksternal (SWOT). Metode wawancara dilakukan dengan para pengelola kopi seperti BUMDES Gunung Karamat dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah disiapkan sebelunya. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif. Yang menjadi faktor keunggulan pada produk kopi desa gunung keramat ini yaitu, ketersediaan lahan yang sangat luas, brend kopi gunung keramat sudah dikenal, dan letak penanam kopi sangat cocok. dari faktor kekurangannya yaitu, akses jalan yang kurang memadai, pengalaman petani kopi yang belum kompeten dan keterbatasan modal menjadi salah satu faktor kopi gunung karamat lambat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-29
How to Cite
[1]
M. A. Al Ghifari, A. Nurrohman, A. Cantika, S. Napila, and N. A. Bahri, “Mengidentifikasi Faktor Internal Dan Eksternal Pemasaran Produk Kopi (Desa Gunung Karamat Kabupaten Sukabumi)”, Abdi Putra, vol. 2, no. 3, pp. 132-137, Sep. 2022.