Pelatihan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Nosarara Nosabatutu Dalam Upaya Peningkatan Karakter Guru PAUD di Kota Palu Pada Masa Pandemi Covid 19

  • Nurhayati Universitas Tadulako
  • Amrullah Universitas Tadulako
  • Sita Awalunisah Universitas Tadulako
Keywords: pelatihan teknis guru TK, pendidikan karakter

Abstract

Masalah yang difokuskan dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yakni masih kurangnya pengetahuan dan pemahaman guru tentang pendidikan karakter di TK Aisyiyah II Palu Barat Kota Palu. Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru di TK Aisyiyah II Palu Barat Kota Palu berupa pembekalan ilmu agar guru dapat memahami pendidikan karakter. Metode pembelajaran dalam pelatihan ini menggunakan metode pembelajaran orang dewasa yang mengutamakan teknik pembelajaran eksperimental. Metode pembelajaran yang digunakan meliputi pretest posttest, ceramah, role play, diskusi, ice breaker, energizer dan games. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan diklat terhadap pemahaman guru pendidikan karakter di TK Aisyiyah II Palu Barat Kota Palu. Terlihat bahwa Sig < (0,016 < 0,05) artinya perolehan skor pemahaman guru tentang pendidikan karakter sebelum pelatihan berbeda nyata dengan setelah pelatihan. Selain itu dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pretest pada kelompok guru yaitu 64,6, sedangkan pada posttest nilai rata-rata meningkat menjadi 96,7. Pada kelompok guru, nilai tertinggi pada pretest adalah 85, sedangkan pada posttest nilai tertinggi meningkat menjadi 115. Selanjutnya, nilai terendah pada kelompok pretest adalah 39 dan posttest meningkat menjadi 79. Pada kelompok guru, standar nilai simpangan pada pretest 13,84 dan posttest 11,1. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pelatihan teknis efektif untuk pemahaman guru tentang pendidikan karakter di TK Aisyiyah II Palu Barat Kota Palu.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Amrullah, Universitas Tadulako

Program Studi PGPAUD

Sita Awalunisah, Universitas Tadulako

Program Studi PGPAUD

Published
2022-01-31
How to Cite
[1]
Nurhayati, Amrullah, and S. Awalunisah, “Pelatihan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Nosarara Nosabatutu Dalam Upaya Peningkatan Karakter Guru PAUD di Kota Palu Pada Masa Pandemi Covid 19”, Abdi Putra, vol. 2, no. 1, pp. 1-7, Jan. 2022.
Section
Articles