Pengenalan dan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Upaya Legalitas Usaha Bersama DISKOPERINDAG (Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Universitas Nusa Putra di Desa Cijurey Kecamatan Gegerbitung)

  • Yulia Nurfitriani Universitas Nusa Putra
  • Herlina Dwiyanthy Universitas Nusa Putra
  • Dede Serlina Universitas Nusa Putra
  • Metodius Gulo Universitas Nusa Putra
  • Edhy Santoso Universitas Nusa Putra
  • Cep Mamun Universitas Nusa Putra
  • Heliani Universitas Nusa Putra
  • Marina Artiyasa Universitas Nusa Putra
Keywords: KKN, Mahasiswa, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan umkm di Desa Cijurey. Desa Cijurey merupakan salah satu desa objek KKN mahasiswa Universitas Nusa Putra. Terletak di Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi. Program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN di Desa Cijurey bertemakan Mengefektifkan serta meningkatkan ekonomi dan pendidikan di desa cijurey diiplementasikan dalam lima bidang kegiatan yaitu Pendidikan, Sosial, Keagamaan, Kesehatan, dan Wisata. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan KKN diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia sehingga masyarakat dapat mengelola Sumber Daya Alam yang tersedia di Desa Cijurey dengan efektif untuk meningkatkan taraf hidupnya. Selain itu, dengan adanya KKN diharapkan dapat meningkatkan hubungan kerjasama antara Universitas Nusa Putra dengan Pemdes dan masyarakat Desa Cijurey.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Herlina Dwiyanthy , Universitas Nusa Putra

Program Studi Akuntansi

Dede Serlina, Universitas Nusa Putra

Program StudiTeknik Informatika

Metodius Gulo, Universitas Nusa Putra

Program Studi Sistem Informasi

Edhy Santoso, Universitas Nusa Putra

Program Studi Teknik Elektro

Cep Mamun, Universitas Nusa Putra

Program StudiTeknik Informatika

Heliani, Universitas Nusa Putra

Program Studi Akuntansi

Published
2023-05-31
How to Cite
[1]
Yulia Nurfitriani, “Pengenalan dan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Upaya Legalitas Usaha Bersama DISKOPERINDAG (Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Universitas Nusa Putra di Desa Cijurey Kecamatan Gegerbitung)”, Abdi Putra, vol. 3, no. 2, pp. 101-105, May 2023.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)